Personal Blog

Gus Shola Sebuh Mbah Hasyim Asyari Sukses Padukan Islam dan Indonesia

Gus Shola Sebuh Mbah Hasyim Asyari Sukses Padukan Islam dan Indonesia

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah jadi perwakilan keluarga KH Hasyim Asy’ari di peresmian Masjid Raya Jakarta Barat. Peresmian tersebut dikerjakan segera Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, ia menjelaskan Masjid Raya Jakarta adalah yang awal menggunakan nama KH Hasyim Asy’ari. Gus Sholah mengharapkan, masjid dapat bertindak dakwahkan Islam sebagai rahmat untuk semua umat manusia. ” Mudah-mudahan bertindak optimal serta maksimal dakwahkan Islam rahmatan lil alamin, ” kata Gus Sholah, Sabtu (15/4).

Ia menjelaskan, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta sendiri diarsiteki oleh sahabatnya bernama Adhie Moersid. Adhie Moersid juga adalah arsitek Masjid Said Naum yang mencapai penghargaan internasional Aga Khan Cup.

Gus Sholah mengatakan terima kasih atas penghargaan yang didapatkan pada KH Hasyim Asy’ari. Menurut Gus Sholah, penghargaan itu pas untuk sosok KH Hasyim Asy’ari yang sudah memberi sumbangsih besar untuk kemerdekaan.

” Beliau tokoh yang sukses menggabungkan keindonesiaan serta keislaman, serta lewat putra-putranya ikut juga memberi sumbangsih besar untuk kemerdekaan Indonesia, ” tutur Gus Sholah.

Diluar itu, ia memberikan, KH Hasyim Asy’ari juga yang sukses menanamkan cinta Tanah Air di kelompok umat Islam. Menurut Gus Sholah, KH Hasyim Asy’ari sudah juga menyatakan Islam Indonesia, yg tidak liberal serta tak konservatif.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *