Personal Blog

Dari Instagram ke Buku, Retno Hening Berbagi Kisah parenting

Pola pendidikan yang Kamu berikanlah demikian mengasyikkan. Dari tempat mana Kamu temukan langkah yang fun itu?

Aku tetaplah mengidolakan serta belajar dari ibu aku, bahkan juga aku belajar mengelola emosi juga dari ibu aku. Bagaimana mengatur emosi, bagaimana berikan contoh yang baik agar dapat diteladani anak-anaknya. Aku senantiasa membiasakan Kirana mengatakan terima kasih, sorry, serta please. Diawali dari aku dahulu, lantas aku ajak Kirana juga untuk lakukan yang sama agar jadi rutinitas.

Aku juga aktif ajak dia bicara saat umpamanya ketemu dengan orangtua yang sangatlah renta, fisiknya tampak lemah, namun masih tetap berusaha keras. Pada dasarnya ada di komunikasi, aku ungkapkan saja apa yang menginginkan aku ungkapkan. Aku bangun jalinan komunikasi dua arah dengan Kirana serta aku jagalah itu.

Itu juga langkah menumbuhkan keyakinan diri pada Kirana?

Sebenarnya aku tidak paham ya Kirana cukup yakin diri atau tidak. Kirana biasanya berhubungan dengan aku soalnya. Namun kuncinya aku senantiasa dampingi dia saat berhubungan dengan siapa saja.

Bagaimana Kamu mengeksplorasi potensi anak supaya dia mengetahui diri, terima kekurangan, serta tak kurang percaya diri?

Aku kasih pemahaman lewat cara simpel kalau kebanyakan orang itu unik serta khusus.

Seperti apa Kamu mengaplikasikan teori-teori parenting yang di baca, pengalaman dari orangtua, pengalaman waktu mengajar pada pengalaman mendidik anak?

Dalam soal ini orangtua yang perlu dapat mengerti serta sesuaikan dengan keadaan anak. Utamakan langkah yang paling baik untuk anak, untuk kebaikan anak, bukanlah untuk memuaskan ego orangtuanya.

Lantas seperti apa Kamu sesuaikan langkah didik orangtua dahulu serta penyesuaiannya dengan perubahan anak-anak sekarang ini?

Orangtua jaman dahulu, seperti orangtua aku tidak neko-neko. Menurut aku semuanya orangtua miliki maksud yang sama yakni mendidik anaknya supaya tumbuh jadi anak yang baik, pandai, soleh, soleha. Hal yang terkadang dilupakan aorang tua jaman saat ini yaitu masalah pendidikan akhlak contoh masalah bagaimana berlaku pada orang yang lebih tua, mengajarkan sopan santun, mengajarkan mengaji, mungkin saja seperti itu ya.

Jadi apa yang aku ambillah dari orangtua yaitu masalah pendidikan sikap, perilaku, sopan santun, agama, serta yang lain. Untuk yang lain, alhamdulillah jaman banyak pengetahuan parenting yang aku baca, contoh masalah mengemukakan suatu hal lewat buku serta permainan. Dahulu mungkin saja orangtua tidak demikian sukai bikin mainan mendidik sendiri dirumah, atau sukamembacakan buku pada anak-anaknya. Ada dongeng, namun rasa-rasanya pengalaman aku dahulu juga tidak sering. Tersebut yang cobalah aku perbaiki saat ini pada anak aku. Aku teratur bacakan buku, ajak bermain permaina mendidik untuk menstimulus anak.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *